KOMPASbola

sumber :-

KOMPASbola


Cambiasso: Inter Kelaparan

Posted: 08 Jul 2012 05:59 PM PDT

MILAN, KOMPAS.com - Gelandang Inter Milan, Esteban Cambiasso mengatakan, timnya sedang lapar gelar setelah musim lalu gagal total. Musim ini, Inter akan kembali mengejar gelar untuk menyembuhkan rasa laparnya.

Para pemain Inter sudah berkumpul kembali dan mulai menjalani latihan fisik di Pinzolo. Menurut Cabiasso, semangat tim sudah mulai terlihat.

"Aku bahagia karena selalu ada yang baru untuk memompa semangat. Mungkin, pramusim menjadi bagian terberat di musim ini, tapi kami siap menghadapinya dengan rasa lapar," kata Cambiasso.

"Aku mengatakan hal ini berkali-kali di musim lalu. Setahun setelahnya, seseorang harus membantu kami untuk belajar dari kesalahan-kesalahan masa lalu dan kembali berjuang lagi. Banyak kemarahan jika Anda tak bisa meraih gelar," tambahnya.

Setelah meraih treble pada 2010, Inter hanya menambah satu gelar FIFA Club World Cup. Musim berikutnya, Inter belepotan dan kesulitan meraih gelar, bahkan seolah makin  tersungkur. Menurut Cambiasso, ini wajar terjadi kepada klub mana pun.

"Tentu, akan sangat menyenangkan terus meraih gelar dalam lima, enam, atau bahkan 30 tahun. Tapi, tak ada tim yang bisa melakukan hal itu. Apa yang kami lakukan adalah sesuatu di luar jangkauan," terangnya.

"Apakah kami tidak menghormati nilai-nilai kemenangan itu? Ya, benar. Tapi, itu normal. Itu juga terjadi dalam kehidupan sehari-hari," tambahnya. (FBI)

Soal Perginya Bintang, Wenger Jadi Korban

Posted: 08 Jul 2012 05:35 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com - Manajer Arsenal, Arsene Wenger tak akan mengubah kebijakannya yang mengandalkan pemain muda daripada membeli bintang mahal. Menurutnya, perginya para bintang bukan karena kesalahannya. Tapi, dia di posisi yang dikorbankan.

Wenger mendapat kritik dari banyak pihak, karena lebih suka membeli pemain muda dan dikembangkan di klubnya. Ia dianggap pelit membeli pemain bintang, sehingga sulit meraih gelar. Ini yang membuat para pemain bintang kemudian memilih pergi. Setelah Gael Clichy, Cesc Fabregas dan Samir Nasri, kini kapten Robin van Persie menolak memperpanjang kontrak. Pemilik modal, Alisher Usmanov, ikut mengkritik Wenger yang dianggapnya gagal mempertahankan bintang.

Namun, Wenger yakin dengan pendiriannya. Ia mengaku mengikuti cara Johan Cruyff yang lebih mengutamakan membina pemain muda untuk membentuk tim yang kuat, daripada mengobral uang membeli bintang.

Cruff memang lebih suka membina pemain muda. Dia merupakan peletak fondasi kesuksesan Ajax Amsterdam pada pertengahan 1990-an dan akhirnya juara Liga Champions di bawah pelatih Louis van Gaal. Dia juga mengembangkan akademi sepak bola Barcelona dan sukses bersama klub itu dengan mengandalkan pemain-pemain binaan sejak muda.

"Saya sangat setuju dengan Cruyff dan tak akan berubah. Satu-satunya hal menyedihkan adalah, terkadang pekerjaan Anda dirusak oleh orang lain," kata Wenger kepada The Sun.

"Saya korban dari hal itu. Saya kehilangan Samir Nasri, Gael Clichy, dan Cesc Fabregas di usia yang seharusnya mereka berada pada puncak permainan buat Arsenal. Tapi, saya tak pernah meninggalkan klub," tambahnya, tanpa merinci siapa yang mengorbankan dirinya dan bagaimana caranya.

"Saya bisa saja 10 kali meninggalkan klub dan bergabung dengan klub lain. Tapi, saya tak melakukannya, karena telah bekerja dengan visi dan filosofi yang sama di Arsenal dalam 16 tahun terakhir. Itu tak akan berubah," tegasnya.

Ia mengaku tak hanya mengejar uang. Ia lebih mementingkan kepuasan karya dalam sepak bola.

"Saya tak pernah termotivasi oleh uang (dalam melatih). Dengan cara yang sama, orang seperti Cruyff mengeluarkan seluruh energi untuk membangun tim sepak bola dengan pemain muda bukan hanya karena uang. Kami ingin melakukannya karena ingin memberikan sesuatu kepada sepak bola," terangnya.

Wenger mengaku sudah bertemu dengan bos Arsenal untuk membahas masalah klub dan manajemennya. "Saya sudah bertemu dengan bos, tapi sayangnya kembali terjadi perbedaan dalam cara mengembangkan Arsenal," ungkapnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan