Sindikasi bola.okezone.com

sumber :-

Sindikasi bola.okezone.com


Elia Klaim Sudah Jadi Juventini Sejak Kecil

Posted: 03 Sep 2011 07:05 AM PDT

TURIN - Meski sempat meremehkan Juventus, namun Eljero Elia ternyata sudah sangat mengenal klub yang mulai musim depan akan diperkuatnya. Gelandang timnas Belanda ini bahkan mengaku sudah menjadi fans berat Juve atau akrab disebut Juventini sejak masih kanak-kanak.

Diketahui, beberapa waktu lalu transfer Elia ke Turin memang sempat batal karena tidak tercapai kesepakatan antara kedua belah pihak. Nah, pada saat ini Elia sempat melontarkan komentar yang intinya dia tidak terlalu ambisius bergabung dengan Juve, karena menilai Juve masih setara dengan klub lamanya Hamburg SV.

Namun, kini pada akhirnya Elia resmi berkostum Juve. Gelandang 24 tahun ini mengatakan bila komentarnya kala itu bukan bermaksud untuk meremehkan Juve. Sebab, pada kenyataannya, Elia mengaku merupakan penggemar setia Juve dan selalu mengikuti perkembangan klub berjuluk Si Nyonya Tua ini sejak dirinya masih kecil.

Elia bahkan membeberkan pengetahuannya soal Juve, saat klub asal Turin itu merengkuh trofi Liga Champions 1996 dengan menundukkan Ajax Amstedam di final, lewat drama adu penalti, setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal.

"Saya sudah menjadi supporter klub ini (Juventini) seja saya berusia sembilan tahun. Di final Liga Champions 1996, saya mendukung Juve saat berhadapan dengan Ajax. Itu adalah pertandingan yang fantastis," ujar Elia sebagaimana dikutip Football-Italia, Sabtu (3/9/2011).

"Fabrizio Ravanelli (striker Juve saat itu) merupakan penyerang hebat. Dia bermain luar biasa melawan Ajax. Dia membuat saya tergila-gila dan hingga kini dia masih jadi panutan saya," sambungnya.

Dalam skuad Juve saat itu, yang kini hanya tersisa di skuad Biancoeri musim ini adalah ikon klub Alessandro Del Piero. Sementara Antonio Conte yang kala itu masih jadi jenderal lapangan tengah, kini bertransformasi sebagai pelatih La Vecchia Signora. (acf)

Suporter Boleh Jadi Pemilik Klub PSM

Posted: 03 Sep 2011 07:05 AM PDT

MAKASSAR - Terbersit kabar gembira, khususnya ditujukan bagi para penggemar PSM (Persatuan Sepakbola Makassar). Klub berjuluk Pasukan Ramang yang kini kepemilikannya dikuasai Konsorsium LPI akan segera diambil alih investor lokal.

Ada tiga nama yang tertarik menanamkan modalnya di PSM, yakni tokoh sepakbola Andi Darussalam Tabusalla, serta duet pengusaha muda: Sadikin Aksa dan Solihin Kalla.

"Tak ada batas waktu kepemilikan Konsorsium LPI atas klub ini, lebih cepat lebih baik dialihkan kepada pemodal lokal," ungkap Ketua PSM yang sekaligus Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, kepada okezone, Sabtu (3/9/2011) dini hari.

Di sela jeda laga internasional Pra-Piala Dunia 2014 antara Iran versus Indonesia, Ilham mengemukakan proses pengambilalihan kepemilikan PSM dapat mendorong datangnya keuntungan berbentuk nilai lebih berupa faktor fanatisme.

"Lebih baik kiranya bila PSM dimiliki oleh orang Makassar sendiri, sehingga ada kebanggaan tersendiri. Di samping tujuannya menjadi industri olahraga, PSM diharapkan akan maju ke jenjang yang lebih baik lagi dari segi prestasi," sambung Ilham.

Diuraikan, saham PSM dikuasai Konsorsium LPI sebanyak 70 persen. Saat ini, menurut Ilham, pemilik mayoritas telah menanamkan modalnya sebesar Rp23 miliar. Sisanya, 30 persen saham, dimiliki para pengurus internal PSM sendiri.

Di balik skenario pengambilalihan tersebut, suporter fanatik PSM boleh mengintip peluang menjadi pemilik terbesar kesebelasan bergelar Juku Eja. Bagaimana caranya?

Diskenariokan, 70 persen saham mayoritas secepatnya dialihkan ke tangan investor lokal. Setelah itu dibagi lagi dalam skema 40:30 di mana PSM nanti dibakukan strukturnya berupa industri berbentuk perseroan terbatas dengan model kepemilikan publik (Tbk[terbuka]).

Ilham menandaskan, saham publik dalam skema itu mendapat porsi 40 persen. 30 persen lagi dibagikan kepada investor lokal dan 30 persen sisanya tetap berada di tangan pengurus PSM.

Skema itu sekaligus membuahkan dalil tentang kepemilikan klub sepakbola berbasis suporter. Bila benar-benar jadi, maka PSM yang pertama meretasnya. (acf)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen