KOMPASbola

sumber :-

KOMPASbola


Terry Absen, Lampard Kapten

Posted: 11 Nov 2011 04:57 PM PST

LONDON, KOMPAS.com - Manajer tim nasional Inggris, Fabio Capello, mengonfirmasi bahwa gelandang Frank Lampard akan menjabat sebagai kapten ketika timnya menghadapi Spanyol di laga uji coba, Sabtu (12/11/2011). Lampard menggantikan peran John Terry yang saat ini masih tersandung masalah rasis.

Seperti diketahui, Capello memang tetap memanggil Terry meski sedang diselidiki oleh FIFA dan kepolisian Metropolitan Inggris karena dugaan kasus rasis terhadap bek Queen Park Rangers, Anton Ferdinand. Namun, Capello memastikan bahwa Terry tak akan bermain dalam laga ini.

"Untuk saya dia tak bersalah hingga akhirnya terbutki bersalah. Saya tak bisa berkomentar soal itu saat ini. Saya memutuskan bahwa dia tak akan bermain melawan Spanyol karena aku tak ingin melihat sesuatu yang berbeda. Dia pemimpin tim karena dia selalu jadi pemain yang penting untuk timnas Inggris," jelas Capello.

"Dia baru akan bermain melawan Swedia tetapi dia akan duduk di bangku cadangan melawan Spanyol. Sama seperti pemain lain, saya bisa memainkan semua pemain yang saya pilih. Saya bisa membuat enam perubahan dan saya baru akan memutuskan pergantian pemain saat pertandingan berlangsung," sambungnya.

Selain menunjuk Lampard sebagai kapten, Capello pun mengungkapkan, Phil Jones akan ditempatkan di sektor tengah untuk mendampingi Lampard.

Full content generated by Get Full RSS.

Dihajar Qatar, Peluang Indonesia Tertutup

Posted: 11 Nov 2011 04:57 PM PST

DOHA, KOMPAS.com - Peluang tim nasional Indonesia untuk lolos ke babak kualifikasi Piala Dunia 2014 tertutup sudah. Di laga penentuan penyisihan Grup E Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Asia, Jumat (11/11/2011), Indonesia dihajar tuan rumah Qatar 0-4.

Meski Grup E Pra Piala Dunia 2014 menyisakan dua pertandingan lagi, Indonesia tetap tak akan mampu lolos ke babak selanjutnya. Pasalnya, hingga pertandingan keempat, Indonesia belum sekali pun meraih kemenangan. Jadi, jika pun meraih angka penuh di dua laga terakhir, Indonesia tetap tak mampu lolos.

Iran sementara memimpin klasemen Grup E Pra Piala Dunia 2014 dengan torehan 8 poin. Mereka hanya unggul selisih gol atas Qatar.

Menghadapi Qatar, Pelatih Wim Rijsbergen membuat kejutan. Kiper utama Ferry Rotinsulu diparkir di bangku cadangan dan posisinya diambil alih oleh kiper kawakan, Hendro Kartiko. Selain Ferry, Cristian Gonzales juga diistirahatkan oleh Wim.

Qatar tetap memegang kendali permainan sejak awal babak pertama. Mereka baru bisa mengancam gawang Indonesia lewat aksi Khalfan Ibrahim di menit ke-12. Namun, kiper Hendro Kartiko masih sigap mengamankan gawangnya.

Pada menit ke-21, giliran Bilal Mohammed yang mendapat peluang. Sayang, bola hasil sundulannya, memanfaatkan sepak pojok, masih melenceng tipis di sisi kiri gawang Indonesia.

Indonesia sendiri kesulitan menembus kotak penalti Qatar. Beberapa kali upaya mereka berhasil dipatahkan oleh para pemain belakang tuan rumah. Tendangan spekulasi dari jarak jauh menjadi alternatif serangan Indonesia. Salah satunya yang dilakukan Firman Utina sempat mengancam gawang Qatar. Namun, ancaman tersebut belum mengubah kedudukan.

Qatar akhirnya mampu menjebol gawang Indonesia di menit  ke-29. Kesalahan Boaz Solossa dalam mengumpan bola, dimanfaatkan dengan baik oleh Qatar. Serangan mereka diselesaikan Muhammed Razak dengan tendangan voli yang menjebol gawang Hendro.

Indonesia makin terpuruk setelah wasit memberikan hukuman penalti, karena Hamka Hamzah melakukan pelanggaran di kotak terlarang terhadap Hussain Ali Shihab di menit ke-33. Khalfan Ibrahim yang menjadi eksekutor mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Memasuki menit ke-35, Indonesia mengambil inisiatif menyerang. Bahkan, skuad "Merah Putih" punya peluang terbaik di menit ke-37. Tusukan Muhammad Ridwan diakhiri umpan yang mampu dimanfaatkan oleh Toni Sucipto. Bola sebenarnya sudah melewati hadangan kiper Qasem Burhan, namun gol tak jua tercipta karena Marcone Amaral berada di posisi yang tepat untuk menghalau bola.

Di menit ke-41, giliran Boas Solossa yang punya peluang. Namun, gol tak jua tercipta karena bola sepakan Boaz hanya mengarah ke tiang gawang. Hingga akhir babak pertama, kedua tim gagal mencetak gol meski mendapat beberapa peluang.

Qatar tetap pegang kendali di babak kedua. Namun, Indonesia sempat mencuri peluang di menit ke-62. Berawal dari umpan Ridwan, Boaz yang berdiri bebas sebenarnya mampu melesakkan bola dengan kaki kanannya. Sayang, akurasi tendangan Boaz masih menjadi penghalang Indonesia mencetak gol pertamanya dalam laga ini.

Justru Qatar yang mampu mencetak gol. Sepakan keras kaki kanan Khalfan Ibrahim kembali membuat Hendro Kartiko memunggut bola dari gawangnya di menit ke-64.

Unggul tiga gol, Qatar menurunkan tempo permainan. Permainan dari kaki ke kaki dilakukan demi membuang-buang waktu. Indonesia yang sebenarnya bisa memanfaatkan keadaan ini tetap gagal mencari celah untuk menjebol gawang lawan. Bahkan, mereka kerap kehilangan bola akibat kesalahan sendiri.

Wim sebenarnya sadar penampilan timnya jauh dari memuaskan. Namun, upaya pergantian strategi yang ia lakukan tetap tak membuahkan hasil. Masuknya Cristian Gonzales, Muhammad Ilham, dan Mahyadi Pangabean di babak kedua tak memberikan dampak positif bagi skuad "Merah Putih".

Ketika pertandingan hampir berakhir, Qatar malah menambah pundi-pundi golnya. Kali ini pemain pengganti Sebastian Soria yang menjebol gawang Hendro Kartiko. Pertandingan pun ditutup dengan skor 4-0 untuk Qatar.

Susunan pemain
Qatar
: Qasem Burhan, Hamid Ismail, Meshai Mubarak, Marcone Amaral, Bilal Mohammed, Khalfan Ibrahim (Kasola Mohammed 64), Younes Ali Rahmati, Muhammed Razak (Sebastian Andres Quintana Soria 46), Hussain Ali Shihab, Mohammed Omar, Abdulaziz Al-Sulati

Indonesia: Hendro Kartiko, Muhammad Ridwan, Muhamad Roby, Purwoko Pratomo, Zulkifli Sukur, Hamka Hamzah, Supardi (Mahyadi Pangabean 46), Firman Utina (Muhammad Ilham 72), Tony Sucipto (Christian Gonzales 62), Bambang Pamungkas, Boas Solossa

Klasemen Sementara Grup E Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia
1. Iran 4 2 2 0 11-2 8
2. Qatar 4 2 2 0 8-3 8
3. Bahrain 4 1 2 1 3-7 5
4. Indonesia 4 0 0 4 2-12 0

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan