KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Lillehammer Tuan Rumah Olimpiade 2016

Posted: 09 Dec 2011 03:30 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Lillehammer, Norwegia, secara resmi akan menjadi tuan rumah Olimpiade Remaja Musim Dingin 2016. Olimpiade Remaja Musim Dingin tersebut merupakan yang kedua, setelah Olimpiade Remaja Musim Dingin 2012 di Innsbruck, Austria, pertengahan Januari mendatang.

"Kami gembira akan kembali ke Lillehammer yang sukses menggelar Olimpiade Musin Dingin 1994," kata Jacques Rogge.

Sebelumnya, Lillehammer menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 1994.            

"Kami gembira akan kembali ke Lillehammer yang sukses menggelar Olimpiade Musin Dingin 1994," kata Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Jacques Rogge.

Menurut Rogge, pemerintah kota dan pemerintah Norwegia begitu antusias akan menjadi tuan rumah perhelatan tersebut.  "Kami yakin Lillehammer akan menjadi tuan rumah yang berkelas dunia, dan sanggup melayani semua atlet remaja yang hadir dan berlaga di ajang tersebut. Kami percaya, Lillehammer pasti siap dalam empat tahun ke depan," ujar Rogge, awal pekan ini.

Pesta olahraga tersebut akan diikuti sekitar 1.000 atlet berusia 15-18 tahun. Mereka akan berlomba di tujuh cabang olahraga yang termasuk olahraga olimpiade musim dingin.

"Kami berterima kasih kepada IOC dan Badan Eksekutifnya yang yakin dan percaya untuk memilih Lillehammer sebagai tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2016," kata Presiden Komite Olimpiade Norwegian, Børre Rognlien.

"Sangat membahagiakan dan membanggakan, kami boleh mengundang para atlet remaja ke Lillehammer. Kami berusaha meneruskan warisan Lillehammer 1994 dan membuat warisan baru, warisan dari para atlet remaja yang dibuat atlet remaja dan untuk diwariskan kepada atlet remaja," kata Rognlien.

Menteri Kebudayaan Norwegia, Anniken Huitfeldt, pun menyambut gembira Lillehammer terpilih sebagai tuan rumah.

"Keputusan IOC itu akan lebih mendorong remaja Norwegia mencintai olahraga. Menjadi tuan rumah akan membuat Lillehammer menjadi daerah tujuan olahraga musim dingin. Berbagai arena yang dulu dipakai pada Olimpiade 1994, akan dipakai lagi."

Full content generated by Get Full RSS.

Turnamen Tenis Meja Kasih Bangsa Digelar Di Bali

Posted: 09 Dec 2011 02:17 PM PST

Tenis Meja Internasional

Turnamen Tenis Meja Kasih Bangsa Digelar Di Bali

Ida Setyorini | Agus Mulyadi | Jumat, 9 Desember 2011 | 22:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga mendukung perhelatan Turnamen Tenis Meja Internasional Kasih Bangsa di Bali, 15-18 Desember 2011.

Sekretaris Menpora, Joko Pekik Irianto, di Senayan, Jakarta, Jumat (9/12/2011), mengatakan, kejuaraan yang  diikuti para petenis top luar negeri itu adalah kompetisi dengan konsep yang sangat bagus.

Turnamen tenis yang melibatkan petenis tangguh yang berasal dari 21 negara dari empat benua itu, merupakan edisi kedua. Para peserta memperebutkan hadiah uang pembinaan lebih dari Rp 500 juta, Piala Bergilir dari Menpora, Piala Menteri Kebudayaan dan ekonomi kreatif, KONI Pusat, Pengprov PTMSI Bali, Pemda Bali, dan KONI  Bali.

Walaupun turnamen itu tidak mendapat dukungan dana dari PB PTMSI, Joko yakin tidak ada masalah. Menurut dia, semua lembaga dan masyarakat boleh menyelenggarakan kompetisi. Terutama jika kompetisi itu termasuk upaya mengangkat prestasi olahraga Indonesia.

Sebelumnya, Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman, menyatakan dukungannya terhadap penyelenggaraan ajang tersebut. Meski demikian, Tono prihatin dengan prestasi tenis meja Indonesia yang merosot dalam 10 tahun terakhir.

"Hingga sebelum 10 tahun lalu, Indonesia selalu meraih medali terbanyak di ajang multi cabang seperti SEA Games. Namun, 10 tahun terakhir, prestasinya kian sangat memprihatinkan. Bahkan, di SEA Games 2011, Indonesia sebagai tuan rumah hanya meraih tiga perunggu. Sedikit meningkat ketimbang di SEA Games Laos 2009 yang hanya satu perunggu," ujar Tono.

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan