KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Di Balik Pertandingan Amal Nadal-Federer

Posted: 24 Dec 2010 11:24 AM PST

KOMPAS.com - Sebagian besar penggemar tenis pasti tahu kalau selain menjadi rival utama di lapangan, Rafael Nadal dan Roger Federer punya hubungan harmonis di luar lapangan. Mereka saling menghargai satu sama lain, bahkan tak jarang menggelar kegiatan bersama.

Selasa (21/12/2010) dan Rabu (22/12/2010) lalu misalnya. Keduanya menggelar pertandingan amal yang dananya digunakan untuk kegiatan sosial melalui Roger Federer Foundation dan Rafa Nadal Fundacion . Mereka saling berhadapan dalam pertandingan yang digelar di Zurich pada hari Selasa dan Madrid, keesokan harinya.

Pertemanan kedua petenis peringkat teratas dunia ini tak hanya diperlihatkan melalui misi yang sama, yaitu beramal. Dalam video yang diperlihatkan di situs pribadinya, Federer menjemput Nadal saat petenis Spanyol ini tiba di bandara di Zurich. Federer bahkan mengendarai sendiri mobil Mercedes-Benz SLS AMG warna merah, yang dipakai untuk menjemput rekannya tersebut.

Sebelum mengikuti serangkaian kegiatan di lapangan, termasuk memberi pelatihan tenis bagi anak-anak, Federer mengajak Nadal makan siang dan jalan-jalan di sekitar pusat kota Zurich. Sambil berjalan di tengah cuaca yang cukup dingin, Federer beberapa kali menerangkan tempat-tempat yang mereka lewati pada Nadal, yang pertama kali mengambil alih status petenis nomor satu dunia darinya pada Agustus 2008.

Sesekali, keduanya menjawab pertanyaan wartawan dan memberikan tanda tangan pada orang yang mendatangi mereka. Suasananya cukup santai, tak ada pengawalan ketat bagi keduanya.

"Saya selalu senang ketika pertama kali berkunjung ke sebuah kota. Suasana di sini menyenangkan. Roger juga telah menjadi pemandu tur yang cukup baik," komentar Nadal.

Malam harinya, kedua pemain yang sudah bertemu 22 kali pada pertandingan resmi ini bertanding untuk pertama kalinya di Zurich, di hadapan 10.500 penonton . Di antara mereka ada juara Formula 1 Sebastian Vettel dan pebalap sepeda Fabian Cancellara. Federer memenangkan pertandingan bertema Match for Africa ini, 4-6, 6-3, 6-3.

Keesokan harinya, Federer dan Nadal berangkat bersama menuju Madrid dengan menggunakan pesawat pribadi. Kali ini untuk pertandingan bertema Joining Forces for The Benefit of Children .

Sebanyak 8.000 tiket pertandingan ini habis terjual hanya dalam waktu 6 jam. Di antara ribuan penonton, duduk pula keluarga kedua pemain, serta keluarga kerajaan Spanyol. Tak hanya itu, tokoh-tokoh kartun Disney, seperti Micky Mouse, Donald Duck, Goofy, dan Minnie Mouse, juga datang langsung dari Disneyland Paris untuk mendukung acara. Pada pertandingan kedua ini, Nadal menang, 7-6 (3), 4-6, 6-1.

Rangkaian pertandingan amal tersebut kemudian ditutup oleh acara gala dinner. Sejumlah tamu dari panggung olahraga, mode, dan tokoh penting Spanyol dihibur oleh konser pribadi Julio Iglesias.

"Saya berterima kasih pada Roger dan pihak lain yang sudah mendukung kami dan membuat acara ini bisa terselenggara dengan baik," ujar Nadal, dalam situs pribadinya.

Saya juga mengucapkan terima kasih untuk Rafa karena di usianya yang muda sudah memiliki kepedulian pada kegiatan sosial. Juga untuk keluarga Rafa yang sudah menjamu saya dengan baik di sini, balas Federer.

Total, pertandingan yang digelar kedua rival yang sekaligus ber sahabat ini menghasilkan dana sekitar 5 juta dolar AS. Yayasan yang dimiliki Federer akan menyumbangkannya untuk kegiatan pendidikan dan olahraga anak-anak di di Ethiopia, Malawi, Zimbabwe, dan Afrika Selatan. Adapun yayasan milik Nadal yang dikelola ibunya, Ana Maria, akan menggunakan dana tersebut untuk memaksimalkan kemampuan anak-anak cacat dan remaja yang tumbuh dalam lingkungan keluarga tidak mampu.

 

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen