Republika Online

sumber :-

Republika Online


Terpilih Jadi Ketum KONI, Tono Suratman Janji Pertahankan Tradisi Emas Olimpiade

Posted: 02 Dec 2011 03:55 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Tono Suratman terpilih sebagai Ketua Umum KONI periode 2012-2015. Pria yang menjabat juga sebagai Ketua Satuan Pelaksana (Satlak) Program Indonesia Emas (Prima) ini berjanji tidak akan mengabaikan persiapan atlet-atlet untuk berlaga pada Olimpiade 2012 London.

Tono mengatakan langkah selanjutnya adalah mengatur kepengurusan. Selain itu, pihaknya juga akan menindaklanjuti pemusatan latihan nasional untuk menghadapi Olimpiade 2012.

"Karena, ada empat cabang olahraga yang sudah lolos kualifikasi yaitu angkat besi, bulutangkis, renang dan panahan. Kami akan berusaha mempertahankan tradisi medali emas," kata dia ketika dihubungi wartawan.

Tono optimistis Indonesia akan melanggengkan tradisi emas setelah meraih juara umum pada SEA Games XXVI lalu. Ia menilai hasil itu juga akan menjadi batu loncatan memperbaiki reputasi olahraga Indonesia di level Asia.

Tono terpilih menggantikan Rita Subowo dalam Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) yang digelar di Hotel Lombok Raya, Mataram, Jumat (2/12). Musornas ini dihadiri oleh perwakilan dari 43 induk cabang olahraga dan 32 KONI Daerah.

Tono menang telak dalam pemilihan tersebut dengan 54 suara. Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) ini mengalahkan Ketua Umum PB Federasi Olah raga Karate-do Indonesia, Hendardji Supandji, yang meraih 20 suara dan Sekretaris Jendral KONI, Djati Walujo, dengan enam suara.

Sementara itu, Rita Subowo berharap Tono dapat meneruskan dan mempertahankan prestasi yang sudah ditorehkan saat ini. "Juga, untuk di masa mendatang. Target terdekat tentu Olimpiade. Jadi, harus bisa mempertahankan tradisi emas," kata dia.

Full content generated by Get Full RSS.

Simon Santoso Belum Terbendung

Posted: 02 Dec 2011 10:15 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Simon Santoso, menunjukan konsistensinya pada Makau Open Grand Prix Gold 2011. Simon melaju ke semifinal setelah mengalahkan Kashyap Parupalli dari India, 21-19 21-10, di Cotai Arena, Taipa, Jumat (2/12).

Kashyap yang ditempatkan sebagai unggulan 14 memang sempat menyulitkan Simon pada game pertama. Tapi, Simon berada di atas angin sepanjang game kedua dan dengan mudah menaklukan Kashyap untuk melaju ke empat besar.

Hasil ini menunjukan konsistensi Simon seusai mempertahankan gelar SEA Games XXVI pada dua pekan lalu. Simon melaju ke babak empat besar Cina Open Super Series Premier 2011 pekan lalu. Ia kalah dari juara bertahan asal Cina, Chen Long.

Seusai merengkuh medali emas SEA Games, Simon sempat berjanji akan menutup tahun ini dengan penampilan yang lebih baik. Ia juga mengubah pola latihan. Sebelumnya, ia mengikuti program yang diterapkan oleh pelatih asal Cina, Li Mao. "Sekarang, saya memilih untuk mengombinasikannya," kata dia.

Simon mengatakan, pilihan tersebut bukan tanpa konsekwensi. Sebab, ia harus menambah porsi latihannya sendiri. Ketika akan tampil pada SEA Games, misalnya, Simon harus tetap latihan pada akhir pekan.

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen