Republika Online

sumber :-

Republika Online


Raphael Varane Puji Zidane

Posted: 08 Oct 2011 11:33 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID – Pemain belakang Real Madrid, Raphael Varane, mengakui peran penting Zinedine Zidane dalam karirnya. Terutama saat pemain berusia 18 tahun ini telah menjadi bagian tim Los Blancos.

Menurut pemain muda asal Prancis ini, Zidane telah banyak membantunya untuk menyesuaikan diri di Madrid.

Mantan gelandang El Real itu, kata Varane, sering memberinya saran dan masukan berharga saat menjalani karir di Ibukota Spanyol. "Sangat penting untuk memiliki seseorang seperti itu ketika anda datang dari negara lain," kata pemain dengan nomor punggung 19 ini seperti dikutip Tribalfootball, Ahad (9/10).

Keputusan Varane pindah dari klubnya, Lens, juga tidak terlepas dari peran Zidane. Mantan Kapten Timnas Prancis ini merekomendasikan Varane untuk bisa memperkuat lini pertahanan Madrid. Manajemen Madrid akhirnya meminang pemain U-21 Prancis pada musim panas lalu dengan nilai transfer sekitar 10 juta euro. 

Sejak awal musim, Varane memang belum bisa langsung menembus pemain inti Madrid. Hingga pertandingan keenam, Varane baru memainkan dua laga. Namun, ia telah sukses menyumbangkan gol perdananya saat Madrid menghadapi Rayo Vallecano di Santiago Bernabeu pada 25 September lalu. Saat itu pasukan Jose Mourinho menang telak dengan skor 6-2.

Debut Timnas Totti

Posted: 08 Oct 2011 09:21 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA – Tiga belas tahun lalu, tepatnya 10 Oktober 1998, Fransesco Totti menjalani penampilan pertamanya di tim nasional senior Italia. Totti diturunkan saat tim Azzurri menghadapi Swiss di laga kualifikasi Piala Eropa 2000.

Pelatih Italia saat itu, Dino Zoff, memberikan kesempatan pada Totti untuk bermain di pertengahan babak kedua. Di usianya yang baru 22 tahun, ia masuk menggantikan Alessandro Del Piero pada menit ke-70.

Dalam laga di Udine itu, Italia berhasil mengalahkan Swiss dengan skor 2-0. Ini juga sekaligus kemenangan pertama Totti yang diraih bersama tim nasional.

Kiprah penyerang AS Roma di tim nasional dimulai saat ia berusia 20 tahun. Pada 1996, pelatih Cesare Maldini mengajaknya bergabung untuk memperkuat tim Italia U-21.

Di debutnya bersama pasukan muda Azzurri, Totti dan kawan-kawan berhasil mempersembahkan gelar juara Piala Eropa U-21. Di final, Italia berhasil mengalahkan Spanyol dengan skor 3-1.

Sedangkan pada debutnya bersama tim senior, pemain kelahiran Roma ini membantu negaranya untuk menembus babak final Piala Eropa 2000. Sayang, Italia gagal meraih gelar setelah dikalahkan Prancis 2-1 di masa perpajangan waktu. Meskipun tak berhasil mendapatkan trofi pertamanya, trequarista Roma ini sukses menyabet gelar pemain terbaik dalam laga final itu.

Raihan tertinggi Totti tercapai saat Piala Dunia 2006 di Jerman. Italia kembali berhadapan dengan Prancis yang juga sukses melangkah ke babak final. Namun, berbeda dengan Piala Eropa 2000, final kali ini menjadi milik Italia. Totti cs berhasil meraih Piala Dunia keempat bagi tim biru langit itu. Laga ini juga sekaligus menandai akhir karir Totti di tim nasional. Dari 1998-2006,Totti sudah bermain dalam 58 pertandingan dan mencetak sembilan gol bagi Italia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen