Republika Online

sumber :-

Republika Online


VIDEO : M. Rulli Armando Sabet Gelar Juara Umum Nasional Gearbox Kejuaraan HKS 2011

Posted: 22 Nov 2011 03:46 PM PST

SPORTKU.COM - M. Rulli Armando, selain dikenal sebagai drifter muda yang penuh talenta juga dikenal sebagai pegokart yang tak pernah lepas dari podium kejuaraan.

Baru saja meraih gelar juara kedua kejuaraan Achilles Formula Drift Indonesia 2011 yang diselenggarakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta tanggal 30 Oktober lalu. M. Rulli Armando juga meraih gelar juara umum dalam kejuaraan HUMPUSS Kart Series 2011.

M. Rulli Armando raih juara umum kelas nasional gearbox di kejuaraan HUMPUSS Kart Series 2011 di Sirkuit Gokart Sentul, Bogor-Jawa Barat, (20/11/2011)
gokart, karting, humpuss, hks, humpuss motorsport, humpuss kart series, sirkuit karting sentul

Grand final HUMPUSS Kart Series 2011 yang baru saja berakhir, Minggu, 20 November 2011 menjadi catatan tersnediri bagi drifter sekaligus pegokart M. Rulli Armando. Target yang diharapkannya mampu ia tembus dengan sempurna.

Dido biasa ia dipanggil merupakan pegokart yang tergabung bersama tim AUS Motorsport yang turun dikelas Nasional Gearbox. Dengan dukungan keluarga, teman maupun pacar menjadi penyemangat tersendiri baginya. Tak heran jika dirinya terus bersinar dikancah balap gokart maupun balap drifting.

M. Rulli Armando (no. 19) dari tim AUS Motorsport saat membalap di kejuaraan HUMPUSS Kart Series 2011 di Sirkuit Gokart Sentul, Bogor-Jawa Barat, (20/11/2011)
gokart, karting, humpuss, hks, humpuss motorsport, humpuss kart series, sirkuit karting sentul

M. Rulli Armando (no. 19) dari tim AUS Motorsport saat membalap di kejuaraan HUMPUSS Kart Series 2011 di Sirkuit Gokart Sentul, Bogor-Jawa Barat, (20/11/2011)
gokart, karting, humpuss, hks, humpuss motorsport, humpuss kart series, sirkuit karting sentul

Beberapa waktu yang lalu, dirinya juga sempat menorehkan juara umumnya dalam kejuaraan Rotax Max Challenge (RMC) 2011, 9 Oktober 2011 yang juga diselenggarakan di Sirkuit Karting Sentul, Bogor-Jawa Barat.

M. Rulli Armando (no. 19) dari tim AUS Motorsport saat membalap di kejuaraan HUMPUSS Kart Series 2011 di Sirkuit Gokart Sentul, Bogor-Jawa Barat, (20/11/2011)
gokart, karting, humpuss, hks, humpuss motorsport, humpuss kart series, sirkuit karting sentul

Paddock dari tim AUS Motorsport saat membalap di kejuaraan HUMPUSS Kart Series 2011 di Sirkuit Gokart Sentul, Bogor-Jawa Barat, (20/11/2011)
gokart, karting, humpuss, hks, humpuss motorsport, humpuss kart series, sirkuit karting sentul

Full content generated by Get Full RSS.

Membahas Performa Timnas Basket Putra Indonesia di 26th Sea Games 2011

Posted: 22 Nov 2011 08:32 AM PST

SPORTKU.COM -Kali ini, tim Sportku.com akan membahas tentang performa timnas basket putra Indonesia di 26th Sea Games 2011. Sea Games 2011 telah berakhir, dan timnas basket putra Indonesia meraih medali perunggu di kompetisi tersebut.

Lihat hasil dan skor akhir pertandingan-pertandingan timnas basket putra dan putri Indonesia di 26th Sea Games 2011 di sini. Untuk melihat roster lengkap susunan pemain timnas basket putra klik di sini.

Indonesia sendiri tergabung dalam Grup B di 26th Sea Games 2011 bersama Myanmar, Malaysia, dan Singapura. Pada babak penyisihan grup, Indonesia berhasil menyapu bersih semua lawannya, dan mendapatkan point penuh [6 points]: Indonesia vs Myanmar 84-45, Malaysia vs Indonesia 45-59, Indonesia vs Singapura 80-75. 

Indonesia kemudian lolos ke semifinal untuk bertemu dengan Thailand, yang menjadi runner up grup A [setelah menang dua kali melawan Kamboja dan Vietnam, dan satu kali kalah melawan Filipina]. Pada babak semifinal, Indonesia kalah dari Thailand dengan skor 62-65.

Setelah kalah dari Thailand, mereka harus puas dengan medali perunggu setelah Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 78-54.

Sekarang mari kita bahas tentang rotasi pemain timnas Indonesia:

  • C: Acong/Dodo/Dwi
  • PF: Koming/Acong/Welly
  • SF: Amin/Batam
  • SG: Xaverius/Amin/Dimas/Ary
  • PG: Wuysang/Faisal

Wuysang sendiri dimainkan tidak lebih dari lima sampai enam menit per kuarter dan akan diback up oleh Faisal. Iyus yang sering terkena foul banyak di pertandingan, terpaksa tidak begitu banyak dimainkan. Koming yang biasanya berposisi sebagai starter, namun menit bermainnya banyak diambil oleh Acong.

Acong sendiri adalah kunci dari big man Indonesia, karena ia cukup versatile untuk bermain di posisi empat atau lima. Ia cukup besar untuk menghadapi center lawan di defense, dan skilllful enough untuk menghadapi big man lawan di offense.

Apabila Acong dimainkan dengan Dodo, maka Acong akan bermain lebih leluasa dan bisa menyimpan energi karena tidak harus menjaga center lawan. Acong sendiri lebih natural bermain di posisi empat. Tandem Dodo dengan Acong bisa membuat Acong bermain lebih maksimal karena Dodo akan lebih dikonsentrasikan untuk defense dan rebound.

Amin yang biasanya berposisi SF, kadang dimainkan berbarengan dengan Batam agar Indonesia mempunyai dua shooter di wing. Batam juga bermain di posisi SF agar Indonesia bisa membiarkan Amin beristirahat.

Walaupun coach Rastafari menurunkan lineup yang berbeda tergantung dari matchup Indonesia dengan lawan, namun biasanya coach Rastafari akan menurunkan: Wuysang [PG], Xaverius [SG], Amin [SF], Koming [PF], Acong [C] sebagai starter timnas Indonesia.

Namun pada kenyataannya, lineup yang diturunkan Indonesia untuk mengakhiri pertandingan, tidak sama seperti starter yang mereka turunkan. Lineup ideal tim Indonesia atau pemain-pemain yang berperforma terbaik selama Sea Games 2011 adalah: Wuysang-Amin-Batam-Acong-Dodo.

Amin sendiri menjadi bintang lapangan saat Indonesia mengalahkan Myanmar di penyisihan grup [Amin finish dengan 18 points, 4 steals, dan 5 rebounds].

Saat mengalahkan Malaysia di penyisihan grup, Amin kembali menjadi top scorer Indonesia [12 points dan 5 rebounds vs Malaysia]. Namun Batam juga bersinar saat pertandingan tersebut - 11 points dan 11 rebounds.

Saat mengalahkan Singapura di penyisihan grup, Rony Gunawan menjadi bintang lapangan dengan 23 points, 10-16 FG, 3-7 3FG, dan 9 rebounds.

Saat kalah dari Thailand di semifinal, Batam menjadi pemain terbaik dengan 26 points [9-16 FG, 6-9 3FG], 6 rebounds, dan 2 assists.

Pada saat perebutan peringkat tiga melawan Malaysia, Rony Gunawan menjadi bintang pada pertandingan tersebut dengan mencetak 16 points dan 14 rebounds. Lalu penampilan gemilang Acong didukung dengan performa manis terakhir dari rekan-rekan setimnya: Mario Wuysang mencetak 14 points, 4 steals, 3 assists, Amin mencetak 14 points dan 6 rebounds, dan Batam menambah 13 points dan 4 rebounds.

Dengan statistik demikian, jelas bahwa Wuysang-Amin-Batam-Acong merupakan empat pemain yang berkontribusi besar buat performa baik tim Indonesia selama Sea Games 2011 di Indonesia. Dan untuk melengkapi posisi big man, seperti yang sudah kami jelaskan di atas, bahwa tandem pelengkap Acong yang ideal adalah Dodo.

Memang lineup Wuysang-Amin-Batam-Acong-Dodo tidak selalu bisa diturunkan di akhir pertandingan, mungkin karena alasan foul trouble dan sebagainya. Namun lineup Wuysang-Amin-Batam-Acong-Dodo adalah peluang terbaik Indonesia untuk meraih hasil maksimal di Sea Games kemarin [berbeda dengan starter: Wuysang-Xaverius- Amin-Koming-Acong].

Lineup Wuysang-Amin-Batam-Acong-Dodo begitu berbahaya di offense karena kelima pemain tersebut mampu menembak dari garis three points sehingga membuat lawan pusing dengan rotasi defense mereka apabila Indonesia bermain pick and roll/pick and pop.

Apabila big man lawan tertarik keluar karena harus menjaga Dodo dari garis three point, Batam dan Acong bisa berjuang untuk merebut offensive rebounds buat Indonesia [dan ini kerap terjadi di Sea Games 2011]. Dodo, Amin, dan Batam sendiri juga cukup kuat di defense [terutama Dodo yang merupakan jantung pertahanan Indonesia].

Wuysang merupakan jantung serangan tim Indonesia. Permainan timnas begitu mengalir ketika ia ada di lapangan. Amin juga merupakan shooter murni Indonesia yang selalu dibutuhkan di lapangan agar defense lawan tidak berfokus pada big man Indonesia. Amin adalah salah satu shooter yang tetap bisa memasukkan three points walaupun lawan sudah menjaga Amin di depan badannya.

Acong sendiri merupakan kunci dari big man Indonesia, karena bisa membuat coach Fari flexibel memainkan big dan small lineup. Apabila Indonesia ingin bermain dengan small lineup, maka Acong dimainkan sebagai center. Apabila Indonesia ingin bermain dengan big lineup, maka Dodo akan diturunkan dengan Acong.

Gaya bermain Batam sendiri sangat menarik; ia mampu menembak dengan baik dari garis tiga angka, mampu menembak dari mid range jumper setelah terbuka dengan pick and roll, mampu berlari cepat di fast break dan mempunyai kemampuan finish yang baik. Selain itu Batam juga kuat dengan offensive maupun defensive reboundnya.

Sebagai pemain terbaik Indonesia selama 26th Sea Games 2011, pilihan Sportku.com jatuh kepada dua orang: Acong dan Batam. Mereka terpilih sebagai co-MVP timnas basket putra Indonesia selama 26th Sea Games 2011 versi tim Sportku.com.

Dimas, Ary, dan Dwi belum mendapat porsi bermain yang banyak dikarenakan ketatnya persaingan antar tim selama Sea Games 2011. Koming, Welly dan Faisal sendiri dimainkan untuk melapis starter timnas agar bisa beristirahat. Koming kadang diturunkan bermain lebih lama apabila matchupnya tepat untuk Indonesia, karena ia kuat di offense.

Iyus sendiri sebenarnya bisa bermain lebih lama apabila ia menghindari foul-foul cepat dan mengurangi keagresifannya. Namun itulah gaya permainan Iyus, ia tidak akan mundur dalam menjaga lawan, dan akan selalu menempel ketat pemain offense lawan dengan rajin.

Overall, seharusnya Indonesia bisa meraih medali perak di 26th Sea Games 2011 [karena seandainya lolos ke final pun, sulit bagi mereka untuk mengalahkan Filipina]. Tentu kita akan lebih puas apabila Indonesia finish sebagai runner up, namun tidak ada gunanya membahas hal tersebut.

Sportku.com sendiri sudah meliput dan mengikuti perjuangan timnas basket Indonesia mulai dari mereka awal berlatih, melalui proses seleksi pemain, latihan character building di Batu Jajar, sparring dengan beberapa tim NBL, berlatih selama bulan puasa, berlaga di 9th SEABA Championship, berlatih di Australia, latihan bersama pelatih Australia di Indonesia, berlatih bersama Ron Harper, berlatih bersama Nate Robinson, sampai latihan di air.

Sportku.com sendiri sudah tidak sabar mengikuti performa pemain-pemain timnas sendiri di ajang kompetisi lokal, yaitu Flexi NBL Indonesia 2011-2012. Kita akan melihat persaingan tim Satria Muda sebagai juara bertahan yang memiliki Faisal, Welly, dan Dodo [Acong, Wuysang, dan Amin akan berlaga di ABL season tiga].

Sementara Pelita Jaya Esia akan bermodalkan Dimas, Ary, Koming, Batam dari timnas, ditambah dengan Kelly Purwanto, Yandi, dan Romy Chandra [yang juga sempat dipanggil untuk seleksi timnas] di posisi PG.

Aspac sendiri akan mengandalkan Iyus, dan didukung oleh Thoyib, Mario Gerungan, dan Oki Wira [yang juga sempat masuk proses seleksi timnas]. CLS akan disupport oleh Dwi dan Dimaz Muharri. Garuda Bandung sendiri juga memiliki pemain kawakan seperti Denny Sumargo dan Lolik.

Ajang basket 26th Sea Games 2011 telah berakhir, jujur tim Sportku.com sedih karena timnas basket putra Indonesia dibubarkan untuk sementara [sampai ajang internasional berikutnya]. Tapi mari kita jadikan perjalanan tim Indonesia di 26th Sea Games 2011 sebagai momen kebangkitan basket Indonesia. Maju terus basket Indonesia!

Membahas Performa Timnas Basket Putra Indonesia di 26th Sea Games 2011

Membahas Performa Timnas Basket Putra Indonesia di 26th Sea Games 2011

Membahas Performa Timnas Basket Putra Indonesia di 26th Sea Games 2011 - Dimas Aryo

Membahas Performa Timnas Basket Putra Indonesia di 26th Sea Games 2011 - Dimas Aryo

Membahas Performa Timnas Basket Putra Indonesia di 26th Sea Games 2011 - Xaverius

Membahas Performa Timnas Basket Putra Indonesia di 26th Sea Games 2011 - Xaverius

Membahas Performa Timnas Basket Putra Indonesia di 26th Sea Games 2011 - Coach Ito

Membahas Performa Timnas Basket Putra Indonesia di 26th Sea Games 2011 - Coach Ito

Membahas Performa Timnas Basket Putra Indonesia di 26th Sea Games 2011 - Mario Wuysang

Membahas Performa Timnas Basket Putra Indonesia di 26th Sea Games 2011 - Mario Wuysang

Membahas Performa Timnas Basket Putra Indonesia di 26th Sea Games 2011 - Amin

Membahas Performa Timnas Basket Putra Indonesia di 26th Sea Games 2011 - Amin

Membahas Performa Timnas Basket Putra Indonesia di 26th Sea Games 2011 - Acong

Membahas Performa Timnas Basket Putra Indonesia di 26th Sea Games 2011 - Acong

Membahas Performa Timnas Basket Putra Indonesia di 26th Sea Games 2011 - Dodo

Membahas Performa Timnas Basket Putra Indonesia di 26th Sea Games 2011 - Dodo

Membahas Performa Timnas Basket Putra Indonesia di 26th Sea Games 2011 - Andy Batam

Membahas Performa Timnas Basket Putra Indonesia di 26th Sea Games 2011 - Andy Batam

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen