KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Valentino Rossi is Back!

Posted: 20 May 2012 02:04 PM PDT

LE MANS, Kompas.com - Valentino Rossi is back! Mungkin itulah pernyataan yang pantas dikeluarkan ketika menyaksikan aksi "The Doctor" dalam balapan sangat basah di Sirkuit Le Mans, Perancis, Minggu (20/5/2012).

Start dari posisi ketujuh, juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut langsung melejit ke barisan depan untuk bersaing memperebutkan podium. Rossi memang kalah dari pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo, yang memenangi balapan selama 28 lap tersebut, tetapi dia mampu menghipnotis para penggemar MotoGP dengan aksinya yang menawan ketika mengalahkan rivalnya dari Repsol Honda, Casey Stoner, untuk naik ke podium nomor dua.

Memang, terlalu dini menyebut bahwa Rossi dan Ducati sudah kompetitif karena balapan seri keempat tersebut berlangsung dalam kondisi sangat basah. Akan tetapi, mantan pebalap Honda dan Yamaha ini memperlihatkan aksinya sebagai seorang entertainer sejati, yang membuat balapan tidak membosankan. Hal inilah yang nyaris tak pernah dilihat lagi di lintasan MotoGP sejak Rossi tidak kompetitif di musim perdananya dengan Ducati pada 2011 hingga sekarang.

Padahal ketika masih bersama Honda ataupun Yamaha, Rossi kerab memperlihatkan aksi salip-menyalip dengan para lawan. Peraih sembilan gelar grand prix ini pernah menjadi rival rekan senegaranya yang kini tampil di Superbike, Max Biaggi. Rossi juga pernah terlibat pertarungan menegangkan dengan Sete Gibernau dan Jorge Lorenzo, yang berhasil dimenangkannya pada tikungan terakhir. Rossi melibas Gibernau di Jerez pada 2005, kemudian melakukan aksi fantastis saat menyalip Lorenzo di Catalunya pada 2009.

Kini, Rossi memperlihatkannya lagi di Le Mans. Setelah sempat bertarung dengan duo Yamaha Tech 3, Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso, untuk memperebutkan posisi ketiga, Rossi mulai merangsek ke depan usai mencatat fastest lap di lap ke-21 (fasters lap pertama Rossi bersama tim Ducati, karena sejak bergabung pada 2011, peraih sembilan gelar grand prix tersebut belum pernah melakukannya).

Saat balapan tersisa tiga lap, semua mata tertuju kepada pertarungan antara Rossi dengan Stoner. Memasuki tikungan S, Rossi berhasil menyalip Stoner, sebelum juara dunia 2007 dan 2011 ini kembali mengalahkan Rossi ketika keluar dari tikungan tersebut. Sontak, para penonton langsung berdiri untuk memberikan aplaus, karena sudah cukup lama tak tersaji "perang" antara dua juara dunia ini.

Memasuki lap terakhir, Rossi benar-benar bisa mengalahkan Stoner. Pebalap Italia ini kembali menyalip Stoner di tikungan, dan bisa mempertahankan posisinya saat keluar dari tikungan, sehingga posisinya tak bisa digeser lagi sampai saat menyentuh garis finis. Ini menjadi hasil terbaik Rossi sejak bergabung dengan Ducati, setelah musim lalu naik podium nomor tiga di Le Mans.

Bagaimana dengan seri-seri selanjutnya? Apakah Rossi tetap bisa bersaing di barisan depan? Tentunya hal tersebut sangat diharapkan, sehingga Lorenzo dan Stoner tak terlalu mendominasi MotoGP musim 2012 ini, seperti juga pada musim lalu.

Namun seperti yang sudah dikatakan Rossi jelang GP Perancis ini, Ducati hanya kompetitif di lintasan basah. Jadi, mereka masih harus bekerja ekstra keras agar Desmosedici GP12 juga bisa bersaing di barisan depan saat balapan kering. Semoga!

Hasil GP Perancis dan Klasemen Sementara

Posted: 20 May 2012 01:37 PM PDT

LE MANS, Kompas.com - Pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo, tampil impresif pada seri keempat MotoGP 2012 di Le Mans, Perancis, Minggu (20/5/2012). Start dari posisi keempat, juara dunia 2010 ini langsung menyodok ke depan dan tak pernah tersentuh hingga memenangi balapan sangat basah selama 28 lap tersebut.

Ini adalah kemenangan kedua Lorenzo setelah naik podium utama pada seri pembuka di Qatar. Donasi 25 poin di Le Mans ini membuat Lorenzo kembali ke puncak klasemen sementara dengan total 90 poin, unggul delapan angka atas rivalnya dari Repsol Honda, Casey Stoner, yang harus puas finis di posisi ketiga.

Stoner, yang berhasil memenangi balapan di Jerez dan Estoril, sehingga sempat mendepak Lorenzo dari puncak klasemen, kalah bertarung dengan pebalap Ducati, Valentino Rossi. Di lap terakhir, Stoner, yang sudah mengumumkan akan pensiun pada akhir musim 2012 ini, dikalahkan Rossi, yang memang tampil sangat memukau untuk meraih hasil terbaiknya selama bergabung dengan Ducati.

Ya, sejak melakukan debutnya bersama tim Italia ini pada musim 2011, prestasi terbaik Rossi adalah finis di posisi ketiga pada GP Perancis tahun lalu. Setelah itu, "The Doctor" hanya bersaing di barisan belakang, yang membuatnya sangat kecewa.

Namun dalam balapan basah di Le Mans ini, Rossi tampil sangat menghibur. Start dari urutan ketujuh, dia langsung menyodok ke barisan depan untuk bertarung memperebutkan posisi ketiga, sebelum mengalahkan Stoner di lap terakhir. Sementara itu duo Yamaha Tech 3, Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow, gagal meraih hasil terbaik karena jatuh.

- Hasil GP Perancis

1.  Jorge Lorenzo        Yamaha                        49m39.743s
2.  Valentino Rossi       Ducati                         + 9.905s
3.  Casey Stoner          Honda                         + 11.298s
4.  Dani Pedrosa          Honda                         + 29.361s
5.  Stefan Bradl            LCR Honda                 + 32.477s
6.  Nicky Hayden         Ducati                          + 32.842s
7.  Andrea Dovizioso   Tech 3 Yamaha             + 59.759s
8.  Cal Crutchlow         Tech 3 Yamaha             + 1m05.152s
9.  Hector Barbera        Pramac Ducati              + 1m07.846s
10.  Alvaro Bautista      Gresini Honda               + 1m13.193s
11.  James Ellison         Paul Bird Aprilia            + 1m26.663s
12.  Mattia Pasini          Speed Master Aprilia     + 1m27.633s
13.  Aleix Espargaro     Aspar Aprilia                 + 1 lap
14.  Michele Pirro         Gresini FTR-Honda       + 1 lap
15.  Yonny Hernandez   Avintia FTR-Kawasaki   + 1 lap
16.  Ben Spies              Yamaha                          + 1 lap
17.  Chris Vermeulen     Forward Suter-BMW     + 2 laps
18.  Ivan Silva               Avintia Inmotec-Kawasaki    + 2 laps

Retirements:

     Danilo Petrucci   Ioda-Aprilia                        24 laps
     Randy de Puniet   Aspar Aprilia                    22 laps
     Karel Abraham     Cardion Ducati                  11 laps

- Klasemen sementara (sampai seri keempat)

1. Jorge Lorenzo          Yamaha      90
2. Casey Stoner            Honda       82
3. Dani Pedrosa            Honda       65
4. Cal Crutchlow          Yamaha      45
5. Andrea Dovizioso    Yamaha      44
6. Valentino Rossi        Ducati        42
7. Stefan Bradl             Honda       35
8. Álvaro Bautista         Honda       35
9. Nicky Hayden           Ducati       33
10. Héctor Barbera       Ducati        26
11. Ben Spies               Yamaha      18
12. Aleix Espargaro      ART          12
13. Mattia Pasini          ART           6
14. Randy de Puniet     ART           6
15. James Ellison         ART            5
16. Colin Edwards       Suter            4
17. Danilo Petrucci       Ioda            4
18. Michele Pirro          FTR            4
19. Yonny Hernandez   BQR-FTR    3
20. Ivan Silva               BQR-FTR    1
21. Karel Abraham       Ducati           0

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen