KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Merata, Perolehan Medali Kejurnas Anggar

Posted: 21 Jul 2011 04:08 PM PDT

Merata, Perolehan Medali Kejurnas Anggar

Mahdi Muhammad | Aloysius Gonsaga Angi Ebo | Kamis, 21 Juli 2011 | 23:08 WIB

SHUTTERSTOCK

Ilustrasi

TERKAIT:

JAKARTA, Kompas.com - Sebanyak empat medali emas yang diperebutkan pada hari pertama Kejuaraan Nasional Anggar, terbagi secara merata. Setelah Mery Ananda, atlet anggar kategori kadet pemula, merebut emas pertama bagi kontingen Provinsi Kalimantan Barat, tiga emas lainnya berhasil direbut atlet anggar asal Kalimantan Timur, Jawa Barat dan Sumatera Selatan.

Pada pertandingan final kategori kadet pemula putra nomor degen, atlet anggar Dwi Wahyu (Sumatera Selatan), meraih emas pertama bagi kontingennya setelah mengalahkan Bagus Setyo (Kalimantan Timur). Pertandingan final yang digelar di Balairung Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Kamis (21/7) malam, Dwi Wahyu mengalahkan Bagus Setyo dengan nilai 15-14.

Sedangkan pada kategori kadet pemula nomor floret, Fahmi Ahmad (Jawa Barat) mengalahkan Noval Efendi (Aceh) dengan skor 10-3.

Satu nomor final lainnya, yaitu sabel kadet puteri, Ima Safitri (Kalimantan Timur) mengalahkan Yuli Andika Putri (Jawa Tengah)dengan skor 15-9.

Pertandingan babak final hari pertama baru usai sekitar pukul 22.00 WIB.

Kejuaraan Nasional Anggar 2011 ini dibuka Ketua PB IKASI Tono Suratman, Jumat (21/7/11) pagi. Menurut Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas Anggar 2011, Khairuman, ajang ini sekaligus menjadi ajang prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional 2012 mendatang.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

Anggar Optimistis Sabet 2 Emas SEA Games

Posted: 21 Jul 2011 04:02 PM PDT

DEPOK, Kompas.com - Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) optimistis meraih dua medali emas dari 12 yang diperebutkan dalam ajang SEA Games XXVI 2011.

"Tentunya harus dengan kerja keras untuk meraih medali emas," kata Ketua PB Ikasi Tono Suratman di Balairung UI Depok, Kamis (21/7/11).

Ia mengatakan pihaknya menyiapkan 12 atlet putra dan 12 atlet putri terbaik yang akan siap bertanding dalam pesta olahraga negara-negara Asia tenggara tersebut. Mereka adalah atlet anggar terbaik dari total 4.500 atlet anggar di seluruh Indonesia.

"Peluang emas ada di semua nomor yang dipertandingkan," ujarnya.

Menurut Tono, dalam dua SEA Games sebelumnya anggar tidak dipertandingkan dan kali ini Indonesia sebagai tuan rumah menyelenggarakan pertandingan tersebut.

"Indonesia kali ini cukup beruntung dan bangga karena cabang olahraga anggar kali ini diikutsertakan di ajang SEA Games," ujarnya.

Dikatakannya, negara seperti Thailand, Vietnam, dan Malaysia memiliki program untuk bisa mengikuti single event. Pesaing terberat adalah lawan dari negara Vietnam, Thailand, dan Singapura. Sebab, Singapura memiliki banyak pemain naturalisasi.

Lebih lanjut mantan purnawirawan jenderal bintang dua TNI AD tersebut mengatakan, atlet SEA Games saat ini sedang melakukan training jangka panjang di China, di tiga lokasi. Untuk floret atlet mendapatkan latihan di Shanghai, sabel di Guangzho dan dagen di Nanjing.

Sementara itu Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri berharap dalam pertandingan tersebut Indonesia akan bisa membawa pulang tiga medali emas.

"Saya yakin tiga emas akan kita raih, tentunya akan kami beri dukungan sepenuhnya agar atlet kita bertanding secara maksimal," katanya.

Nantinya dalam acara pembukaan para mahasiswa UI akan berpartisipasi dengan melantunkan lagu kebangsaaan dan juga lagu tradisional masing-masing negara.

Anggar, kata Gumilar merupakan cabang olahraga pertama yang masuk kampus untuk itu ia mengharapkan cabang olahraga lain dapat mengikutinya.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen