Sindikasi bola.okezone.com

sumber :-

Sindikasi bola.okezone.com


Steve Darby Ke Persib Hanya Isapan Jempol

Posted: 21 Jul 2011 12:06 PM PDT

BANDUNG – Pupus sudah jika Persib Bandung akan mendatangkan Steve Darby. Pelatih timnas U-23 Thailand ini dipastikan melatih klub India, Mohun Bagan. Laman konfederasi sepakbola Asia (AFC) yang mengutip rilis dari Mohun Bagan menyebutkan, Darby akan tiba di Kalkuta pada 24 Juli nanti. Darby akan menangani Mohun Bagan pada musim depan.

Belakangan, Maung Bandung – julukan Persib – berencana mengganti posisi pelatih kepala Daniel Roekito. Dalam daftar bursa calon pelatih Persib, Steve masuk sebagai kandidat dari beberapa nama top lokal maupun luar negeri.

Rencana Darby merapat ke Persib tidak main-main. Sumber yang dekat dengan agen Darby mengatakan komunikasi langsung dari Singapura sudah dijalin. "Komunikasi sudah dilakukan antara kedua pihak. Tinggal dilihat saja bagaimana respon Persib ke depannya. Jika lancar, negosiasi sudah bisa dilakukan minimal di awal pekan depan," terang sumber tersebut.

Darby ternyata bukan satu-satunya pelatih asal Inggris yang tertarik malang-melintang di Indonesia. Peter Taylor, mantan pelatih timnas Inggris U-21 pun sempat dihubungkan dengan Persib namun gaji besar menjadi penghalang. "Standar kontrak Taylor berada di angka $400.000 per musim atau lebih dari Rp3.5 miliar", jelasnya.

Sebagai perbandingan, mantan pelatih Persib di awal musim 2010/2011 Daniel Darko Janackovic pernah mengaku mendapat kontrak sebesar 150.000 dolar. Pada saat itu arsitek berpaspor Prancis tersebut langsung berstatus sebagai pelatih dengan bayaran paling tinggi di Indonesia. Namun, Daniel harus angkat kaki sebelum kompetisi musim lalu bergulir karena terjadi masalah pada internal tim.

Sementara, Steve saat ioni mengantungi sertifikat kepelatihan A UEFA dan menjadi instruktur FIFA di kawasan Oseania. Dia juga menjadi instruktur AFC tahun 1988. Steve pernah menjadi manajer pengembangan federasi sepakbola Australia (FAA) antara 1990 dan 1995.

Dalam 16 tahun karir kepelatihannya, Darby pernah menangani tim Olimpiade Australia, klub Malaysia Johor dan Perak. Darby sukses membawa Johor meraih trofi Piala Malaysia. Sedangkan pelatih asing yang masuk bursa diantaranya mantan juru taktik Persipura Raja Isa dan eks Rene Albert yang arsitek yang pernah meraih sukses bersama Arema Malang.

Meski Darby dipastikan melatih klub India, Persib nampaknya masih cukup serius untuk mendatangkan pelatih Persija Jakarta musim lalu Rahmad Darmawan. Rahmad yang kini juga menangani tim nasional (Indonesia) akan selesai kontraknya pada 15 Agustus.

Pertimbangan untuk mendatangkan pelatih lokal juga sudah dikampanyekan Manajer Persib Umuh Muchtar awal bulan lalu. Pelatih lokal dianggap akan memudahkan komunikasi dengan para pemain. (Huyogo Simbolon/Koran SI/msy)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

Deltras-Persela Minim Progres

Posted: 21 Jul 2011 11:02 AM PDT

SIDOARJO - Dua klub Indonesia Super League (ISL) Jawa Timur, Deltras Sidoarjo dan Persela Lamongan belum menunjukkan pergerakan berarti dalam mempersiapkan musim depan. Kedua tim ini tak menunjukkan progres berarti, baik dari sisi tim maupun manajemen.

Deltras yang gencar melakukan pendekatan dengan investor, hingga kini belum menemui kejelasan. Walau persoalan gaji pemain sudah tuntas, namun belum ada gambaran bagaimana konsep untuk musim depan.

Pelatih Deltras Nus Yadera mengaku belum menerima arahan terkait format tim yang akan dipersiapkan musim kompetisi selanjutnya. Hingga kini juga belum juga ada kejelasan soal program yang menyangkut persiapan untuk musim depan, termasuk perpanjangan kontrak sekaligus kapan latihan.

"Kami menunggu arahan dari manajemen soal tim. Hingga saat ini memang belum ada kepastian terkait persiapan untuk musim depan. Saya juga belum tahu siapa saja pemain yang dipertahankan dan dilepas," ujar Nus Yadera.

Pelatih yang sangat loyal kepada The Lobster ini sekaligus tak mengetahui apakah tenaganya tetap bakal dipakai di Gelora Delta. Ia mengatakan siap jika sewaktu-waktu diminta mempersiapkan tim untuk kompetisi baru.

Sejak pertandingan terakhir ISL 19 Juni silam, belum ada rutinitas tim yang berjalan. Deltras lebih sibuk mengurusi pembayaran gaji pemain yang sempat tertunggak selama semusim dan sama sekali belum memikirkan program latihan.

Nyaris serupa juga dijalani Persela Lamongan. Sejauh ini belum ada progres positif dari klub berjuluk Laskar Joko Tingkir. Untuk Persela, manajemen beralasan belum adanya format kompetisi musim depan, sehingga pilih menunggu sebelum melangkah lebih jauh.

"Belum ada kegiatan tim untuk persiapan musim depan. Saya kita masih ada waktu karena PSSI juga belum menetapkan bagaimana konsep kompetisi nantinya. Tapi bukan berarti kita hanya diam dan tidak bekerja," kata Asisten Manajer Persela Yuhronur Efendi.

Selain telah mengikat sejumlah pemain U-21, Persela kini juga tengah melakukan negosiasi dengan pemain senior yang bakal dipertahankan. Selain itu klub yang bermarkas ke Stadion Surajaya juga menyiapkan kebutuhan klub yang dipastikan bakal lepas dari APBD.

Yuhronur menyebut hampir semua klub ISL juga belum melakukan pergerakan agresif selepas musim 2010-2011. Sehingga ia tak sepakat jika timnya disebut sebagai tim yang lambat dalam persiapan. "Kondisinya semua sama kok. Sebagian besar malah juga belum berlatih," tambahnya.

Hingga saat ini manajemen tim biru laut belum menguak bagaimana konsep pendanaan untuk musim depan. Walau sebelumnya berniat membentuk konsorsium, namun belum ada perkembangan lebih lanjut terkait konsep non-APBD itu. (Kukuh Setiawan/Koran SI/msy)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen