Republika Online

sumber :-

Republika Online


NBA Lockout 2011 Sudah Berakhir. Siapa yang menang?

Posted: 27 Nov 2011 08:06 AM PST

SPORTKU.COM - NBA Lockout 2011 sudah berakhir. Siapa yang menang? NBA musim 2011-2012 akan dimulai pada tanggal 25 Desember 2011 karena asosiasi pemilik tim dan pemain telah menyetujui kesepakatan sementara [tentative agreement] untuk mengakhiri NBA lockout 2011 yang berlangsung selama 149 hari. Untuk mengetahui kenapa NBA Lockout 2011 bisa berakhir, klik di sini.

Tentunya dengan berakhirnya NBA Lockout, ada pihak yang diuntungkan [winners] dan ada pihak yang dirugikan [losers] dengan aturan CBA yang baru. Kali ini tim Sportku.com akan membahas kedua sisi mata uang tersebut:

LOSER: Mark Cuban
Kabar baik buat Cuban adalah ia mempunyai kesempatan untuk mempertahankan gelar NBA di musim 2011-2012. Kabar buruknya, dengan sistem luxury tax yang cukup ketat di CBA yang baru, ia harus mempunyai skill baru untuk bisa bertahan: disiplin.

LOSERS: Fans Lakers
Salah satu hal yang menyenangkan menjadi fans Lakers adalah mereka tahu kalau Jerry Buss akan mengeluarkan berapapun jumlah uang yang dibutuhkan agar Lakers bisa kompetitif. Dengan aturan CBA yang baru, hal tersebut akan menjadi lebih sulit.

LOSERS: Fans NBA biasa

Pasti ada beberapa fans NBA biasa yang merasa kesal dengan NBA lockout, tidak peduli, dan meninggalkan NBA karena telah terjadi lockout beberapa kali di NBA. NBA harus melakukan effort untuk memenagkan hati mereka kembali.

WINNERS: Pemilik tim NBA baru di tahun 2011
Di Detroit dan Philadelphia, para pemilik tim baru mendapatkan tim NBA dengan aturan CBA baru yang lebih bersahabat untuk para pemilik tim, kontrak dengan TV nasional di masa mendatang, TV rating yang tinggi, pemain-pemain muda berbakat yang ramah dengan media, dan pasar internasional yang menjanjikan.

WINNERS: Pemain-pemain yang menandatangani kontrak dengan aturan CBA lama
Ini merupakan sebuah grup yang besar, mulai dari Carmelo Anthony, Paul Pierce sampai LeBron James, karena pastinya akan sulit buat pemain mendapatkan gaji yang lebih besar dengan aturan CBA yang baru. Para pemain dan agent mereka cukup pintar untuk memperpanjang kontrak mereka musim panas 2010 lalu.

WINNERS: David Stern dan Billy Hunter
Apabila NBA mengcancel satu musim penuh season 2011-2012, maka reputasi Stern akan hancur. Dengan berjalannya season 2011-2012 ini, Stern dan Hunter membuktikan bahwa mereka bisa menemukan jalan keluar.

WINNER: Karir Derek Fisher

Fisher menjadi wajah dari asosiasi pemain selama lockout. Fisher berkata bahwa ia sudah berbicara kepada semua pemain NBA selama lockout, kecuali kepada beberapa pemain yang mengganti alamat emailnya. Fisher telah membuktikan bahwa ia bisa berbicara dengan baik dalam situasi yang penuh tekanan.

WINNER: Semua rookie

Kyrie Irving, Derrick Williams, Jimmer Fredette dan semua rookie tahun ini. NBA sudah menjadi mimpi buat setiap rookie. Setelah hanya bisa bermimpi bermain di NBA dalam tidur mereka, sekarang mereka bisa terus merasakan mimpi tersebut setelah terbangun dari tidur.

Mereka bisa merasakan semuanya mulai dari training camp, mendapatkan kontrak pertama, sampai mendapatkan gaji pertama. Kami pikir tidak ada satupun rookie yang ingin agar lockout terus terjadi.

WINNERS: Tim dengan manajemen yang baik
Dengan luxury tax yang makin menghukum tim-tim yang melebihi salary cap, tim dengan manajemen yang baik bisa membangun sebuah tim dengan pemain yang murah namun produktif. Manajemen Spurs dan OKC mempunyai kebiasaan baik seperti itu - sekarang setiap tim harus berbuat hal yang sama.

WINNER: Deron Williams
Ia bisa pulang kembali dari Turkey tanpa mengalami cedera dan mengalami offseason yang paling menyenangkan diantara pemain NBA lainnya.

WINNER: Die hard NBA fans dan Sportku.com
Fans yang maniak NBA tentunya tidak peduli dengan adanya lockout. Ketika NBA kembali bergulir usai lockout, mereka akan setia menanti-nanti setiap pertandingan di televisi [ingat bahwa kehadiran televisi yang menyiarkan pertandingan NBA di Indonesia juga penting], membeli kembali merchandise NBA, dan mencari info seputar NBA di Sportku.com.

Tentu saja Sportku.com juga senang dengan berakhirnya NBA lockout, karena kami bisa melaporkan informasi tentang basket dengan kualitas terbaik di dunia. 

"Kami merasa bahwa sekarang para fans dari masing-masing tim bisa bersaing untuk menjadi juara NBA. Untuk menjadi sebuah tim yang sukses, anda harus mengandalkan fungsi manajemen tim dengan baik ketimbang berapa tebal dompet pemilik tim anda atau seberapa besar media market tim anda," ujar Adam Silver.

Baik pihak pemilik tim maupun pemain NBA mendapatkan deal terbaik yang bisa mereka dapatkan dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir ini. Kedua belah pihak sama-sama telah mengorbankan sesuatu yang tadinya menguntungkan buat salah satu pihak.

Walaupun mungkin kedua belah pihak tidak sepenuhnya senang dengan kesepakatan yang mereka dapat, namun mereka harus bisa menerima dan menjalankannya. Untuk sekarang, anda akan mendapat kado di hari Natal anda tahun 2011 ini, yaitu pertandingan NBA dari Santa Claus.

Kita sudah tahu bahwa NBA Lockout sudah berakhir. Tapi kenapa NBA Lockout bisa berakhir? Yang pastinya kedua belah pihak sudah sepakat tentang aturan-aturan di CBA yang baru.

Direktur asosiasi pemain [NBA Players Association/NBAPA], Billy Hunter mengirimkan sebuah memo kepada seluruh anggotanya mengenai hal-hal yang disepakati dalam CBA baru. Mari kita lihat perubahan apa yang terjadi di CBA yang baru:

1. Pembagian BRI antara pemilik tim dan pemain
Para pemain akan menerima 51.2 percent dari Basketball Related Income [jumlah ini turun dari 57% pada CBA sebelumnya]

2. Sistem
a. Mid-level exception buat tim-tim yang tidak terkena luxury tax:  Durasi kontrak mid level exception adalah empat tahun.

b. Player options: Player options diperbolehkan untuk seluruh pemain, seperti pada CBA sebelumnya.

c. Escrow: 10% max withholding, 1% New Benefits Pool, system adjustments as necessary to avoid forecasted overage.

d. Qualifying offers: Mulai dari musim 2012-13, pemain yang mendapat status sebagai seorang "starter" - yaitu pemain yang berposisi sebagai seorang starter dengan jumlah minimum 41 pertandingan atau sudah bermain 2000 menit, rata-rata selama dua musim sebelumnya - akan menerima tawaran kontrak yang lebih besar.

Pemain yang didraft pada ronde pertama akan menerima tawaran kontrak lebih besar dari tawaran yang ia terima terakhir atau senilai dengan jumlah yang ditawarkan kepada pick no 9 di draft musim 2010-2011, yaitu $4.67 juta.

Pemain yang didraft dari ronde kedua atau pemain yang tidak didraft akan mendapatkan tawaran sejumlah dengan nilai yang ditawarkan kepada pick no 21. Pemain yang didraft di ronde pertama pada urutan 1-14 namun tidak berstatus sebagai "starter" akan mendapatkan tawaran kontrak setara dengan pick no 15.

e. Gaji maksimum: Seorang pemain yang sudah menyelesaikan kontraknya sebagai seorang rookie [rookie scale contract] bisa langsung mendapatkan gaji maksimum senilai 30% dari salary cap [hanya 25% di CBA sebelumnya] apabila pemain tersebut memperpanjang kontrak dengan tim lamanya dan apabila pemain tersebut dua kali terpilih sebagai All-NBA team [boleh 1st, 2nd atau 3rd All-NBA team]; menjadi starter di All-Star game; atau menjadi MVP satu kali.

f. Kenaikan gaji tahunan. Kenaikan gaji per tahun adalah 7.5% untuk pemain yang mendapat kontrak Larry Bird dan 4.5% untuk pemain dengan kontrak non-Larry Bird.

g. Aturan mengenai mid-level exception & Sign-and-Trade buat tim yang terkena luxury tax: Pemilik tim setuju dengan batasan $4 juta di atas ambang salary cap.

Sebuah tim boleh mengambil pemain menggunakan mid level exception walaupun total gaji pemainnya melebihi salary cap, selama tidak melebihi batas $4 juta. Apabila total gaji tidak lebih dari batas $4 juta, maka sebuah tim boleh menggaji seorang pemain dengan nilai maksimum menggunakan aturan mid level, yaitu $5 juta, atau mendapatkan pemain tersebut via sign-and-trade.

Apabila total gaji pemain lebih dari batas $4 juta, maka gaji yang bisa diberikan kepada sebuah pemain dengan mid-level exception setiap tahunnya adalah $3 juta/3 tahun.

Contoh: Jika salary cap ditetapkan pada angka $70 juta dan total gaji pemain dalam sebuah tim mencapai $68 juta, maka sebuah tim bisa menggunakan mid level exception secara penuh, yaitu menggaji pemain sebesar $5 juta. ($68 $5 juta = $73 juta, tidak lebih dari batas $4 juta di atas salary cap - yaitu $70 $4 juta = $74 juta].

Namun apabila total gaji pemain mencapai $69.5 juta, mereka hanya bisa menggaji pemain $4.5 juta menggunakan mid level exception [$69.5 $4.5 juta = $74 juta].

Selama dua tahun pertama dari durasi kontrak CBA yang berlangsung 10 tahun - kedua belah pihak bisa mengakhiri CBA yang ada setelah enam tahun - tim yang terkena luxury tax masih bisa melakukan sign-and-trade. Artinya, pemain bintang seperti Chris Paul, Dwight Howard dan Deron Williams bisa pindah ke tim seperti Lakers, Knicks dan Mavericks [yang total gaji pemainnya sudah melebihi salary cap].

Selama delapan tahun terakhir dari durasi 10 tahun kontrak CBA, para tim NBA masih bisa melakukan deal sign-and-trade namun tidak boleh melewati batas $4 juta dari salary cap.

h. Luxury tax: Denda $1 untuk tim yang membayar luxury tax empat kali selama lima tahun akan meningkat [saat ini dikenakan denda $1 untuk setiap kelebihan $1 dari salary cap yang telah ditentukan].

Para tim yang tidak terkena luxury tax akan mendapatkan jatah rata dari 50% luxury tax yang dibayar oleh tim-tim lain. Sisa 50% uang dari luxury tax akan digunakan NBA untuk beberapa projek. Pada CBA sebelumnya, tim yang tidak membayar luxury tax mendapatkan pembagian rata dari 100% uang luxury tax.

Courtesy of Youtube: http://www.youtube.com/watch?v=SNLFIbwpnL0

NBA Lockout 2011 Sudah Berakhir. Siapa yang menang?

NBA Lockout 2011 Sudah Berakhir. Siapa yang menang?

NBA Lockout 2011 Sudah Berakhir. Siapa yang menang? Billy Hunter dan David Stern. Sumber foto: www.espn.com

NBA Lockout 2011 Sudah Berakhir. Siapa yang menang? Billy Hunter dan David Stern. Sumber foto: www.espn.com

NBA Lockout 2011 Sudah Berakhir. Siapa yang menang? Charlie V. Sumber foto: www.yurierocha.com

NBA Lockout 2011 Sudah Berakhir. Siapa yang menang? Charlie V. Sumber foto: www.yurierocha.com

NBA Lockout 2011 Sudah Berakhir. Siapa yang menang? Chris Bosh. Sumber foto: www.yurierocha.com

NBA Lockout 2011 Sudah Berakhir. Siapa yang menang? Chris Bosh. Sumber foto: www.yurierocha.com

NBA Lockout 2011 Sudah Berakhir. Siapa yang menang? Chris Kaman. Sumber foto: www.yurierocha.com

NBA Lockout 2011 Sudah Berakhir. Siapa yang menang? Chris Kaman. Sumber foto: www.yurierocha.com

NBA Lockout 2011 Sudah Berakhir. Siapa yang menang? Isiah Thomas. Sumber foto: www.yurierocha.com

NBA Lockout 2011 Sudah Berakhir. Siapa yang menang? Isiah Thomas. Sumber foto: www.yurierocha.com

NBA Lockout 2011 Sudah Berakhir. Siapa yang menang? Andrea Bargnani. Sumber foto: www.yurierocha.com

NBA Lockout 2011 Sudah Berakhir. Siapa yang menang? Andrea Bargnani. Sumber foto: www.yurierocha.com

Full content generated by Get Full RSS.

Newsletter Sportku.com Tentang NBA Lockout 2011

Posted: 27 Nov 2011 07:41 AM PST

SPORTKU.COM - Newsletter Sportku.com Tentang NBA Lockout 2011. Halo Sportku lovers, pertama-tama kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk dukungan anda semua terhadap www.basket.sportku.com.

Kunjungan anda ke website kami benar-benar sangat berarti buat kami semua. Sebagai bentuk rasa terima kasih kami, Sportku.com ingin mengeluarkan newsletter perdana yang akan berbicara soal serba-serbi NBA Lockout yang sedang terjadi di tahun 2011 ini.

Diharapkan dengan newsletter ini, anda memiliki pemahaman yang lebih cerdas seputar situasi yang terjadi di liga basket profesional Amerika Serikat.

Buat anda yang ingin terus menerima newsletter dari kami, silahkan nyatakan keinginan anda dalam bentuk email ke basket@sportku.com.

Ajak juga teman-teman anda untuk subscribe ke newsletter Sportku ini, dengan sebuah cara mudah, yaitu mengirimkan email ke basket@sportku.com yang menyatakan keinginan mereka untuk berlangganan newsletter kami [tidak dipungut biaya/gratis].

Jangan lupa follow Facebook fanpage kami di Basket Sportku dan follow Twitternya @basketsportku untuk mendapatkan hadiah menarik dari Sportku.com

Apabila anda mempunyai komunitas yang ingin diliput, silahkan email ke redaksi kami di basket@sportku.com. Jangan lupa untuk register email anda agar mempunyai account di Basket Sportku dan berkesempatan untuk mendapat hadiah menarik.

Terakhir, kalau anda mau tahu update berita tentang basket, jangan lupa untuk mampir ke www.basket.sportku.com setiap harinya

Newsletter Sportku.com Tentang NBA Lockout 2011

Newsletter Sportku.com Tentang NBA Lockout 2011

Full content generated by Get Full RSS.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan