KOMPAS.com - Olahraga

sumber :-

KOMPAS.com - Olahraga


Perenang Arab Bela Tim Israel di Nomor Estafet

Posted: 30 May 2012 03:35 PM PDT

Renang

Perenang Arab Bela Tim Israel di Nomor Estafet

Emilius Caesar Alexey | Nasru Alam Aziz | Rabu, 30 Mei 2012 | 22:35 WIB

DEBRECEN, KOMPAS.com — Meskipun secara politis masyarakat Yahudi dan Arab selalu bersitegang di negara Israel, mereka ternyata dapat bekerja sama di olahraga.

Jowan Qupty, perenang keturunan Arab, dipercaya bersama-sama dengan tiga perenang Yahudi membela tim renang Israel di nomor 4 x 100 meter gaya ganti estafet putra dalam Kejuaraan Renang Eropa di Hongaria, Selasa (29/5/2012).

Tim Israel tidak merebut medali di nomor itu, tetapi bagi Qupty, keikutsertaannya adalah sebuah kemenangan.

Saat seleksi, Qupty mencatat waktu 1 menit 2,43 detik dalam nomor 100 meter gaya dada, tetapi yang dipilih justru Imri Ganiel yang mencatat waktu 1 menit 2,53 detik. Qupty menggugat ke pengadilan olahraga dan diizinkan membela tim Israel.

"Saya tidak berpikir tidak dipilih karena saya Arab. Itu terlalu  politis," kata Qupty.

Presiden Federasi Renang Israel Noam Zvi mengatakan, jika mencapai target, ia tidak mempermasalahkan perenangnya Arab, Yahudi, atau Kristen.

Sean Gelael Naik ke Formula Pilota

Posted: 30 May 2012 03:29 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Juara karting nasional dan Asia 2010, Sean Gelael (15), bakal naik kelas ke lomba balap mobil kursi tunggal (single seated) di Formula Pilota 2012. Putaran pertama Formula Pilota digelar di Sirkuit Internasional Shanghai, China, 16-17 Juni 2012.

"Saya akan berlatih di Jerman terlebih dulu sebagai bagian dari persiapan akhir sebelum seri pertama. Saya sangat antusias dan semangat untuk mengikuti ajang Formula Pilota ini," kata Sean, Rabu (30/5/2012), di Jakarta.

Balapan ini akan diikuti 21 peserta dari Asia dan Eropa. Sean akan menjadi pebalap Indonesia termuda yang mengikuti ajang ini. Dalam balapan ini, Sean akan turun dengan mobil Formula mesin Abart 1.400 cc Turbo ECU Magneti dan chasis Tatuus.

Sebelum berlaga di Formula Pilota, Sean menempuh beberapa kali sesi latihan di Sirkuit Sepang, Malaysia, dan Sirkuit Zhuhai, Cina. "Total sudah 500 lap yang dijalani Sean selama melakukan sesi latihan sejak akhir 2011 hingga awal 2012," kata Ricardo Gelael, ayah Sean.

Menurut Ricardo, awalnya Sean dijadwalkan berlaga di Formula Pilota tahun depan. Namun, karena Sean dinilai sudah pantas tampil musim ini oleh pihak Formula Pilota, tim Sean GP akhirnya meresponsnya.

Setelah Shanghai, Sean akan kembali berlaga di putaran kedua dan ketiga yang berlangsung di Sirkuit Internasional Ordos pada 2-8 Juli dan 18-19 Agustus. Kemudian, putaran keempat berlangsung di Sirkuit Internasional Zhuhai, China, 15-16 September; putaran kelima di Sirkuit Internasional Penbay, Taiwan, 6-7 Oktober; dan putaran terakhir di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, 3-4 November.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen