ANTARA - Olahraga

sumber :-

ANTARA - Olahraga


Liga Jusuf Kalla diharapkan lahirkan pemain timnas

Posted: 16 Jul 2012 11:56 AM PDT

Makassar (ANTARA News) - Kompetisi sepak bola Liga Jusuf Kalla (JK) 2012 yang resmi dibuka di Lapangan Karebosi, Makassar (16/7) diharapkan dapat melahirkan pemain yang akan memperkuat timnas Indonesia.

Ketua Panpel Liga JK Japri Y Timbo di Makassar, Senin, mengatakan pelaksanaan Liga JK juga sebagai momen kebangkitan pemain sepak bola Sulsel yang pernah mengharumkan nama bangsa di kancah dunia.

"Kita berharap dari turnamen ini akan lahir pesepakbola andal yang bisa dibanggakan. Liga JK sendiri merupakan bentuk apresiasi terhadap komitmen JK terhadap prestasi sepak bola Indonesia," ujarnya.

Ketua PSSI Sulsel versi Djohar Arifin, Abadi Sirajuddin menambahkan, pihaknya telah menugaskan tim pemantau untuk melihat kualitas seluruh pemain. Seluruh pemain yang dinilai berpotensi selanjutkan dikumpulkan untuk diikutkan dalam turnamen yang lebih besar.

"Ini merupakan bentuk komitmen PSSI Sulsel untuk meningkatkan prestasi sepak bola di Sulsel. Untuk pemain kita harapkan mengeluarkan kemampuan terbaik sehingga bisa memperkuat Sulsel ke depan," ucapnya.

Liga JK diikuti 24 tim sepakbola U-21 bentukan Pengurus cabang PSSI di Sulsel dan dibagi dalam enam grup serta mengadopsi sistem Liga Champion Eropa (home-away). Juara dan runner up masing-masing grup akan lolos ke babak 12 besar yang akan dimulai 6 Oktober hingga 10 November 2012.

Di babak 12 besar, tim peserta dibagi lagi dalam empat grup. Masing-masing grup diisi tiga tim. Juara masing-masing pool berhak ke babak semifinal yang akan digelar 18-25 November 2012. Lalu, lanjutnya, babak final Liga JK dijadwalkan berlangsung 1 Desember 2012.

Untuk pertandingan pembuka, dilaksanakan secara bersamaan dienam tempat berbeda diantaranya Makassar, Sidrap, Bulukumba, Sinjai dan Luwu.

Selanjutnya pada pertandingan kedua, Kamis (19/7), dilakukan serentak di Gowa, Barru, Tana Toraja, Jeneponto, Soppeng, dan Palopo. (DF/F003)

Akademi sepak bola AF-MBI pertama di Makassar diresmikan

Posted: 16 Jul 2012 11:26 AM PDT

Makassar (ANTARA News) - Akademi sepakbola pertama di Makassar bernama Akademi Football Makassar Bintang Indonesia (AF-MBI) resmi diluncurkan pada Senin (16/7).

Direktur sekaligus CEO AF-MBI, Jacky Pattiasina di Makassar, Senin, mengatakan, akademi sepakbola tersebut bertujuan melahirkan bintang pesepakbola, khususnya dari Kawasan Timur Indonesia (KTI).

"AF-MBI tersebut berkomitmen melahirkan bibit pemain sepakbola berusia muda dengan konsep pendidikan terpadu. Lulusannya diproyeksikan untuk memasok klub-klub sepakbola nasional," ujarnya.

Menurut dia, akademi yang akan mulai melakukan seleksi pemain seusai lebaran nanti bukan hanya fokus mencetak pesepakbola andal namun juga membentuk karakter. Hal itulah yang membedakan dengan Sekolah Sepak Bola (SSB) yang banyak bermunculan.

Untuk setiap siswa di akademi akan dibekali dengan pendidikan jangka panjang dengan sistem evaluasi per semester. Pendidikan dibagi dalam tiga jenjang usia, yakni U 9-10, U 12-14 serta U 15-16. Semester pertama dibuka awal September 2012.

Direktur Olahraga AF-MBI, Mirdan Midding menambahkan, akademi mempekerjakan pelatih dan instruktur berpengalaman di sejumlah klub nasional. Tim pelatih dipimpin mantan pemain PSM Makassar, Yusrifar Djafar. Latihan akan berpusat di stadion Mattoangin Gelora Andi Mattalatta.

Para pendidik di akademi ini akan memberikan pendidikan lengkap kepada siswa. Tidak hanya teknik dan strategi bermain sepakbola, materi pendidikan juga akan banyak meliputi psikologi dan pendidikan umum.

"Kurikulumnya disesuaikan kelompok umur. Kita juga berdasar pada perkembangan psikologi dan keterampilan," kata Mirdan.

Para siswa didik di akademi akan dibiasakan merasakan atmosfer kompetisi, dengan mengikutkan mereka pada berbagai kompetisi sesuai tingkatan kelompok umur. Sebagai evaluasi, para siswa juga diberikan rapor setiap evaluasi per semester.

Akademi sepakbola itu, kata Mirdan, dibentuk dengan menggabungkan prinsip pendidikan dengan bisnis. Para jebolan dari AF-MBI juga akan dibantu untuk dipromosikan ke beberapa klub sepakbola profesional tanah air.

"Ini sebagai bentuk pertanggungjawaban mereka terhadap apa yang didapatkan selama di akademi," ujarnya. (ANT)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen