KOMPASbola

sumber :-

KOMPASbola


Kostum Baru Liverpool Picu Kontroversi

Posted: 11 May 2012 04:48 PM PDT

LIVERPOOL, KOMPAS.com — Kostum baru Liverpool yang baru saja diluncurkan memancing kemarahan sejumlah keluarga korban tragedi Hillsborough.

Seragam baru "The Reds" untuk musim 2012/13 didesain Warrior, sebuah perusahaan Amerika, dan telah diluncurkan Jumat (11/5/2012).

Liverpudlian—penggemar Liverpool—menyambut desain baru itu dengan sukacita. Namun, keputusan untuk memindahkan simbol untuk mereka yang meninggal dalam tragedi Hillsborough yang jadi pemicunya. Sederhana, Liverpool dan desainernya tak berkonsultasi lebih dulu pada keluarga sejumlah korban. Tindakan itu, menurut Hillsborough Justice Campaign (HJC), sangat sensitif.

Kostum baru Liverpool menggantikan logo klub—berupa "Shankly Gates"—dengan lambang asli Burung Liver yang menggambarkan kesuksesan Liverpool era '70-an dan '80-an. Akibatnya, dua nyala api "Keadilan" untuk menghormati para korban tragedi Hillsborough dipindahkan ke sisi belakang.

Keputusan untuk memindahkan itu bukan sumber kemarahannya, melainkan karena tindakan klub yang hanya berkonsultasi dengan satu kelompok Hillsborough itulah yang memancing kegeraman.

Liverpool memang menyempatkan bertemu dengan tujuh anggota komite Kelompok Pendukung Keluarga Hillsborough (HFSG), tetapi tidak berdiskusi dengan grup lainnya.

HFSG adalah kelompok pertama yang dibentuk setelah tragedi Mei 1989. Mereka menyediakan dukungan moral untuk keluarga korban yang meninggal.

HJC juga melakukan aksi untuk sejumlah keluarga korban, tetapi fokus mereka menggali kebenaran di balik tragedi itu. Mereka mengadakan mediasi di Hillsborough pada 15 April 1989.

"Kami tahu dua nyala api Hillsborough dan angka 96 akan dipindahkan ke sisi belakang kostum setelah berkonsultasi dengan keluarga anggota. Konfirmasi kami, tak ada keluarga korban anggota HJC yang dihubungi untuk diajak berkonsultasi," tulis pernyataan resmi HJC.

Kelompok itu pertama mengetahui kabar itu dari pertemuan Barisan Komite Suporter (Supporters' Committee March).

"Itu menunjukkan LFC (Liverpool Football Club) mengacuhkan HJC dan keluarganya," lanjut pernyataan itu.

Sementara pihak klub berusaha menengahi dengan hati-hati.

"Kami sudah berkonsultasi dengan komite HFSG dan berdiskusi soal beberapa desain yang mereka pertimbangkan. Komite memilih salah satunya di mana termasuk angka 96 yang melambangkan jumlah korban yang meninggal. Semua sangat menghormati angka 96 dan keluarganya lebih dari rasa hormat terhadap klub ini," sebut juru bicara Liverpool yang tak disebut namanya.

"Sulit untuk berkonsultasi dengan semuanya setiap waktu. Saya tahu beberapa keluarga korban bergabung dengan HJC dan saya paham apa yang mereka katakan," sebut Margaret Aspinall, salah satu anggota dewan komite HFSG.

Tarik-ulur itu menodai peluncuran kostum baru "The Reds". Kesepakatan bisnis itu adalah kesepakatan aparel terbesar dalam sejarah Inggris. Liverpool bersepakat dengan Warrior Sports—perusahaan dari Boston, Amerika Serikat—dengan nilai kontrak 25 juta pounds atau sekitar Rp 375 miliar per tahun, lebih besar dari kontrak sebelumnya dengan perusahaan aparel Jerman, Adidas.

Warrior lebih dikenal di dunia olahraga lacrosse.

Menurut PR Marketing, perusahaan riset pemasaran dari Jerman, Liverpool adalah klub keempat terbanyak yang menjual replika kostumnya. Sekitar 900.000 kostum terjual setiap tahun. Hanya Manchester United, Real Madrid, dan Barcelona yang menjual lebih banyak.

Siapa Warrior Sports?

* Di Amerika, Warrior membuat peralatan olahraga dan aparel untuk hoki dan lacrosse.
* Pada 2004 perusahaan itu dibeli New Balance, tapi tetap mempertahankan sang pendiri, Dave Morrow, sebagai presiden dan direktur utama.
* Morrow, pemain lacrosse, mendirikan Warrior di asrama mahasiswa Princeton di mana ia mengembangkan stik titanium pertamanya. Dengan stik buatannya, Morrow membawa universitasnya lolos ke Kejuaraan Nasional pada tahun tersebut.
* Nama Warrior diambil dari tim sepak bola Amerika SMA Morrow dari Michigan, Brother Rice Warriors.

Sumber: BBC

Ferguson: Andai City "Terpeleset"

Posted: 11 May 2012 03:43 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com — Sir Alex Ferguson berharap sesuatu yang bodoh terjadi di partai terakhir Premier League, Minggu (13/5/2012). Bos Manchester United itu ingin Manchester City "terpeleset".

City akan menjamu Queens Park Rangers dan harus menyamai hasil MU yang bertandang ke Sunderland. Poin kedua klub sama 86, tetapi "The Citizens" unggul delapan gol. Fergie sepertinya sudah pasrah dan setengah pesimistis timnya bisa menang lebih dari delapan gol di Stadium of Light, Sunderland.

"Kami akan berikan permainan terbaik kami dan berharap sesuatu yang bodoh terjadi untuk City," sebut manajer dari Skotlandia itu.

"Bagus untuk bersikap netral dan itu fantastis bagi media, tapi sebuah hal menyakitkan bagi kedua klub. Beban ada pada City, mereka harus menang dan itu tantangannya," lanjut Fergie.

Pria bernama lengkap Sir Alexander Chapman Ferguson itu menambahkan, kekecewaan karena kalah akan luar biasa menyakitkan. Tak terkatakan.

Fergie juga mengkritik Mark Hughes yang meninggalkan kubu "Manchester Biru" saat paruh musim 2009/10.

"Cara Hughes diberhentikan sangat menyakitkan. Itu rahasia umum. Saya pikir istrinya lebih tahu pemecatan itu ketimbang dia. Semuanya terkejut, tapi saya pikir itu tak berpengaruh banyak pada dirinya. Kalau Anda menganalisis Mark Hughes sebagai pemain dan pelatih, semua tim itu ibarat jadi cermin baginya," ucap Fergie.

Ia ingin Hughes—yang kini menukangi QPR, tim terakhir yang harus dikalahkan MU, Minggu nanti— meniru apa yang dilakukannya ketika membesut Aberdeen.

"Anda tahu yang terjadi 29 tahun lalu? Saya membawa tim tak terkenal, Aberdeen, mengalahkan Real Madrid di final Eropa," tukas Fergie.

Sebelas pemain, semuanya jebolan lokal, dan yang tertua berusia 27 tahun, tambahnya.

"Itulah tantangan bagi QPR. Mereka harus menyamai (prestasi) Aberdeen," kenang Fergie.

Motivasinya yang semestinya melecut semangat tempur "The Hoops" untuk mengantongi kemenangan di City of Manchester. Begitukah, Fergie?

Sumber: BBC

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 ulasan:

Awanama berkata...

I'm amazed, I must say. Rarely do I come across a blog that's both equally educative and engaging, and let me tell
you, you've hit the nail on the head. The problem is something which not enough men and women are speaking intelligently about. I'm very happy I found this during my hunt for
something regarding this.
Also visit my weblog : insomnia treatment

Catat Komen